Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Featured

Cara Cek Hardisk GPT atau MBR


Oke balik lagi bersama awan, kali ini awan akan membagikan sebuah tutorial yang mungkin banyak menjadi pertanyaan kawan-kawan yaitu bagai mana cara mengetahui jenis partisi hard disk, apakah GPT atau MBR.

Oke langsung saja berikut tutorialnya selamat menyimak.
Cara Mengetahui Jenis Partisi Hard Disk, Apakah GPT atau MBR ?

Di Windows 10, kawan-kawan bisa menggunakan dua tipe partisi yaitu Master Boot Record (MBR) atau GUID Partition Table (GPT). MBR dan GPT sendiri memiliki perbedaan,

Dimana MBR sudah digunakan sejak lama, dan kompatible dengan Windows versi lawas, tetapi terdapat keterbatasan, dimana hanya mendukung ukuran ruang penyimpanan maksimal 2TB.

Dilain pihak, GPT hadir dengan mengatasi masalah keterbatasan pada MBR, dimana tidak ada batasan ukuran ruang penyimpanan yang membatasi.

Jika kawan-kawan menjalankan arsitektur 64-bit di Windows 7, Windows 8.1 atau Windows 10 pada perangkat yang menggunakan firmware Unified Extensible Firmware Interface (UEFI), maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan GPT.

Tetapi jika kawan-kawan membutuhkan kompatibilitas karena menggunakan perangkat yang lawas (biasanya menggunakan Legacy), maka MBR bisa menjadi pilihan.

Maka dari itu, penting bagi kawan-kawan untuk mengetahui tipe partisi yang ada. Karena hal ini perlu diketahui pada kasus tertentu, misalnya pada saat ini installasi Windows.

Pada artikel kali ini, kawan-kawan akan mengetahui bagaimana cara mengetahui tipe partisi yang digunakan di Windows 10 dan semua Windows dengan menggunakan Command Prompt.

Mengetahui Tipe Partisi MBR atau GPT di Windows 10 dan semua Windows dengan Command Prompt
  1. Buka Command Prompt as Administrator (CMD)
  2. Ketikan perintah diskpart pada Command Prompt as Administrator (CMD)
  3. Kemudian kawan-kawan Ketikan perintah list disk untuk melihat drive yang ada pada Command Prompt as Administrator (CMD)
  4. Dan kawan-kawan bisa melihat pada kolom GPT, dimana jika tipe partisi yang digunakan adalah GPT, maka akan ada tanda bintang (*). Jika tidak ada, maka itu artinya tipe partisi tersebut adalah MBR.
  5. Selesai, kawan-kawan sudah dapat menutup jendela Command Prompt.
Itu dia cara untuk mengetahui tipe partisi yang digunakan di Windows 10 , Cara ini juga bisa diaplikasikan pada versi Windows lainnya seperti Windows 7 ataupun Windows 8.x.

Oke terima kasih kawan-kawan sudah menyimak artikel ini hingga selesai, semoga artikel ini dapa bermanfaat bagi kawan-kawan.

Salam dari awan Berbagi Itu Indah

2 comments for "Cara Cek Hardisk GPT atau MBR"

  1. Mantapp kakak.. Jadii nambah ilmu lagi nih... Semngat untuk memberi konten yg bermanfaat kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah Apa bila bermanfaat, iya kawan q siap...
      makasih

      Delete

Berkomentarlah dengan kata-kata yang bijak ya kawan-kawan