Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

mengecek makanan dan obat-obatan berizin asli atau fiktif

Oke ketemu lagi bersama Awan.

Awan Kali ini akan membahas Sebuah Aplikasi yang bisa mendeteksi makanan dan obat-obatan yang berijin asli atau tidak, sebelum kita simak tutorial pengunaaan aplikasinya,

simak dahuli ya biar tidak salah pemahamanya.

Di era perdagangan bebas, Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar menjadi target pasar potensial mengingat semakin banyaknya produk obat dan makanan yang diproduksi baik dalam negeri maupun impor.

Untuk itu masyarakat Indonesia harus cerdas dalam memilih makanan ataupun obat-obat yang dijual bebas di pasaran.

Dalam acara program nasional bertema "Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan Aman", di Supermarket Ayu Nadi, Jalan Dewi Sartika 1 B Tuban, Kuta, Badung, Bali, Sabtu (7/9/2019), Kepala BPOM Provinsi Bali I Gusti Ayu Adhi Aryapatni mengajak masyarakat untuk cerdas membeli dan mengonsumsi makanan dan obat-obatan.

Ia menjelaskan, sebelum membeli suatu produk hendaknya dilakukan Cek KLIK, yakni mengecek kemasan, label, izin edar dan kedaluwarsa.

Selain itu, sekarang ada aplikasi pengecek makanan yang bisa diunduh di Play Store menggunakan handphone android.

Aplikasi itu yaitu Cek BPOM dan BPOM Mobile."Sekarang BPOM dan pemerintah telah menyiapkan aplikasi untuk membantu konsumen.

Ada dua aplikasi yang bisa kita unduh, yang pertama yakni aplikasi Cek BPOM dan BPOM Mobile.

Kalau Cek BPOM untuk mengindentifikasi jadi benar enggak izin edarnya asli atau fiktif, kita tinggal masukkan nama produk atau nomor registrasi, dua-duanya bisa tapi lebih bagus registrasi karena lebih akurat,

" jelasnya."Jadi aplikasi yang kedua adalah BPOM Mobile yang mana aplikasi ini telah menggunakan barcode dan telah bekerjasama dengan produsen.

Produsen memberi barcode pada kemasannya jadi masyarakat bisa mengecek langsung," tambah dia.

Ia mengatakan belum semua produk menggunakan barcode atau itu.

Di sisi lain I Gede Landep selaku sekretaris Aprindo Bali, ia mengapresiasi aplikasi Cek BPOM dan BPOM Mobile.

"Jadi aplikasi cek KLIK ini adalah terobosan yang baik dalam memudahkan kami para pelaku usaha retail dalam memberikan edukasi dan juga memberikan pemahaman terhadap masyarakat bahwa untuk mengecek keabsahan,

untuk mengecek benar tidaknya suatu label atau izin edarnya itu sudah ada aplikasi cek KLIK itu," ujarnya.

Oke langsung aja kita lakukan pada hal pertama dalam pengunaan aplikasinya.
  • Download dan insat Aplikasinya di Play Store atau APP Store 
  • Setelah Kawan-kawan sudah mendownloadnya ada 2 pilihan menu yaitu nomor Registrasi dan Nama Produk atau Nama Dagang (kata kunci pencarian), tingal kawan-kawan mau memasukan dari nomor registrasi atau kata kunci pencarian (nama produk atau nama barang dagang)
  • Setelah memasukan nya kawan-kawan tinggal klik Cari Produk, Ketika barang dagang ada akan muncul keterangan nya untuk barang tersebut yang di cek masuk dalam ijin BPOM atau tidak, sebagi contoh barang dagang yang ada ijin BPOMnya bisa di lihat gambar di bawah.


Nah begitulah tadi Langkah-langka pengecekan makanan, barang dangang dan obat-obatan dengan Aplikasi Dari Badan BPOM, Mudah-mudahan dapat bermafaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Salam Dari Awan Berbagi Itu Indah 

Post a Comment for "mengecek makanan dan obat-obatan berizin asli atau fiktif"