Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Featured

cara mengatasi hp oppo a37 bootloop

cara mengatasi hp oppo a37 bootloop

Awandroid.com Sebelum membahas cara mengatasi hp oppo a37 bootloop alangkah baiknya kita bahas penyebab hp bootloop terlebih dahulu 

Penyebab hp bootloop bisa saja bersumber dari pengguna hp itu sendiri. Memang, meskipun sudah berusaha merawat hp dengan sebaik-baiknya, namun terkadang ada beberapa kebiasaan yang masih berisiko sebagai penyebab hp bootloop.

Bootloop sendiri merupakan keadaan dimana hp tidak dapat masuk ke dalam sistem dan berhenti berproses. Bootloop sendiri diambil dari kata bahasa Inggris “boot” dan “loop”. 

Boot memiliki arti dalam bahasa yaitu suatu keadaan dimana hp bersiap untuk menyala secara sempurna. Sedangkan arti kata loop memiliki arti berulang.

Dan apabila diartikan ke dalam bahasa sistem operasi, proses bootloop merupakan keadaan dimana hp tidak berhasil melakukan start-up dan menyebabkan hp tidak mampu masuk ke dalam sistem operasinya.

Potensi terjadnya bootloop sangat mungkin terjadi pada hp baik dengan sistem operasional Android atau iOS.

Sebenarnya untuk mengatasi hp bootloop tidak perlu sampai pergi ke service center dari merek hp yang digunakan. 

Anda bisa melakukan perbaikan terhadap bootloop ini sendiri, atau dengan kata lain bootloop ini bukan merupakan kerusakan yang fatal.

Memang secara umum bootloop di sebabkan oleh kerusakan file sistem pada hp. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada faktor lainnya yang juga menjadi penyebab dari adanya bootloop tersebut. 

Berikut ini awan merangkum apa saja yang bisa menjadi penyebab hp bootloop

  • Flashing Custom ROM

Salah satu penyebab hp bootloop yaitu karena melakukan flashing custom ROM baru. Hal ini bisa saja menjadi penyebab karena ada dalvik-cavhe atau data lama yang belum terhapus namun justru digunakan oleh sistem yang baru.

Sesungguhnya, kegiatan untuk flashing custom ROM bertujuan untuk melakukan modifikasi dan mengganti isi data pada ROM. Maksdunya, dengan melakukan flashing custom ROM maka ROM dapat bekerja lebih optimal dan cepat.

  • Salah Mengatur Permission

Jika Anda pengguna Android, maka perlu mewaspadai hal ini. Sebabnya, sistem operasional hp Android sangat bergantung pada permission sistem yang benar. 

Dan apabila Anda salah mengatur permission dalam sebuah file sistem, maka hal tersebut dapat menjadi penyebab hp bootloop. 

Jadi, akan lebih bijak jika Anda selalu mengecek dan memastikan jika permission dari sebuah file sistem sudah sesuai dan benar, tentunya agar tidak terjadi bootloop dan justru merugikan Anda.

  • Pemasangan Mod

Penyebab hp bootloop biasanya juga dapat terjadi apabila Anda melakukan pemasangan mod pada sistem operasioanl Android. Biasanya hp menjadi bootloop akibat mod yang dipasang ternyata tidak kompatibel dengan kondisi dari ROM yang digunakan pada hp. 

Di sisi lain, mod yang tidak tersusun dengan baik ternyat juga dapat menjadi penyebab hp bootloop. Itu mengapa, selalu hati-hati dan pastikan spesifikasi hp Anda mumpuni untuk dipasang sebuah mod atau aplikasi baru.

  • Overclock Android

Selanjutnya, salah satu penyebab hp bootoloop ini sangat mungkin terjadi, terutama pada pengguna hp Android. Ketika Anda ingin performa hp Anda cepat, biasanya akan menaikkan kapasitas dari prosesornya dengan cara overclock. 

Memang tidak dapat dipungkiri jika sepat atau lambatnya suatu sistem operasional pada hp terutama yang berbasis Android, dipengaruhi oleh kapasitas dari prosesornya.

Sebenarnya cara mempercepat performa ini bisa saja dilakukan, akan tetapi jangan terlalu memaksakan.

 Maksudnya, apabila Anda ingin melakukan overclock pada Android Anda, misalkan dari 1 GHz menjadi 2 GHz, maka Anda bisa melakukan setengahnya saja atau bahkan lebih aman lagi jika hanya seperempatnya, dan jangan juga untuk terlalu memaksakan hp Anda.

Meski cara overclock ini banyak yang melakukannya, akan tetapi sangat disarankan untuk tidak melakukannya sama sekali.

Sebab, hp tersebut yang sudah dikeluarkan pabrikan, telah melalui berbagai pengujian dan juga penelitian agar dapat bekerja secara optimal dan juga memberi dampak umur yang awet terhadap hp Anda.

  • Restore System Backup

Kegiatan melakukan restore file ini memang erat kaitannya dengan sistem operasional hp. Dan, kegiatan restore system backup ini juga sangat berpotensi dalam menimbulkan hp bootloop.

Hal ini disebabkan adanya dalvik-cache yang lama dan ternyata belum terhapus secara sempurna, sehingga menyebabkan penumpukan operasi dari sistem tersebut terhadap data sistem yang baru.

  • Mengubah Isi Script di dalam Folder Sistem

Apabila Anda pecinta game, pasti sudah tidak asing lagi dengan cara semacam ini. Memang hal ini biasa dianggap sepele dan tidak akan memberi dampak besar pada sistem Android.

Padahal, mengubah isi script dengan aplikasi yang ada dimana tujuannya agar bisa segera menikmati game yang Anda inginkan bisa menyebabkan bootloop pada hp Anda.

Jadi, ada baiknya Anda tidak melakukan beberapa hal yang memang berpotensi menjadi penyebab hp bootloop di atas, karena bisa saja hal tersebut justru berakibat fatal kepada hp Anda.

Dan, yang terburuk adalah Anda sampai harus merelakan berbagai kenangan baik foto dan lain sebagainya yang biasanya akan hilang akibat harus di lakukan pembersihan agar kondisi hp seperti bawaan pabrik.

Setealah mengetahu penyebab hp bootloop kini saatnya mengatahui bagaimana cara mengatasi hp oppo a37 botloop atau bisa baca juga Cara Flash Oppo A37F tanpa Pc

Jika Anda pengguna Oppo, maka memperbaiki bootloop dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Dengan cara modus Recovery atau senam jari 😀😀

  1. Tekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan dalam kondisi mati untuk masuk ke modus Recovery.
  2. Setelah masuk, kamu dapat melakukan navigasi dengan tombol volume untuk memilih menu yang ada.
  3. Pilih menu Wipe Data and Cache untuk mereset smartphone kamu
  4. Gulung ke bawah hingga menemukan pilihan Yes dalam layar konfirmasi Tunggu hingga proses reset selesai
  5. Metode ini akan menghapus seluruh data yang ada di smartphone kamu

Untuk memperbaiki HP Oppo yang mengalami bootloop ringan, pengguna dapat memanfaatkan mode recovery di perangkat tersebut. 

Melalui mode ini, pengguna dapat melakukan hard reset perangkat Oppo miliknya untuk mengembalikan semua preferensi sistem operasi ke kondisi awal.

Mode recovery adalah mode khusus yang berisi konsol atau peralatan pemulihan ponsel Android yang tersedia melalui bootable tersendiri. 

Melalui mode ini, pengguna dapat menggunakan beberapa perlengkapan untuk memperbaiki permasalahan sistem atau memperbarui sistem, termasuk untuk mengatasi bootloop di ponsel Android.

Bagi pengguna Oppo dengan tipe tertentu, mode recovery dapat diakses melalui kombinasi tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan saat akan menghidupkan perangkat. Setelah muncul pilihan bahasa pilih opsi English.

Ingat, setelah masuk ke mode recovery, pengguna dapat melakukan navigasi dengan tombol volume, dan memilih opsi dengan tombol power. Pengguna selanjutnya dapat melakukan hard reset perangkat Oppo dengan memilih Wipe Data and Cache.

Jika muncul beberapa opsi lagi, pilih opsi Wipe Data and Cache untuk kedua kalinya. Setelah itu, konfirmasi dengan memilih opsi Yes.

Jika proses pembersihan data dan cache selesai, pengguna dapat memuat ulang ponsel dengan memilih opsi Reboot. Dan pengguna tinggal menunggu proses muat ulang selesai.

  • Memperbaiki Bootloop Berat Dengan Flashing Ulang di HP Oppo

Jika permasalahan bootloop belum selesai setelah melakukan hard reset perangkat Oppo, maka pengguna dapat melakukan flashing ulang perangkatnya.

Dengan cara ini, pengguna dapat menginstal ulang sistem, termasuk di dalamnya melakukan downgrade atau upgrade, di perangkat kesayangannya.

Yang perlu dipertimbangkan, semua data akan hilang setelah melakukan metode ini. Sebaiknya pengguna membuat cadangan data tersebut sebelum melakukannya.

Mengingat kedua cara di atas hanya berlaku untuk bootloop yang disebabkan oleh kerusakan perangkat lunak, maka pengguna juga dapat membawa perangkat ke service center jika permasalahan tersebut terjadi akibat kesalahan perangkat keras atau kedua cara di atas belum menyelesaikan masalah tersebut.

Atau ada dari kawan-kawan yang berbagi kepada yang lain untuk caranya bisa tulis pengalamannya di kolom komentarya ?

Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Salam Dari Awan Berbagi Itu Inda

1 comment for "cara mengatasi hp oppo a37 bootloop"

Berkomentarlah dengan kata-kata yang bijak ya kawan-kawan