Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Usaha SPBU (POM) Mini di desa

awandroid.com - Membuka Pertashop atau pom bensin mini di desa merupakan salah satu peluang usaha yang bisa Anda geluti. Dengan membuka usaha ini Anda dapat menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) yang langsung dipasok oleh PT Pertamina (Persero).

bagaimanapun di daerah atau pedesaan banyak sekali dijumpai yang berjualan bensin ala Pertamini.

market Usaha SPBU (POM) Mini di desa sudah pasti ada dan produk tidak basi dan masyarakat pasti akan memilih membeli di Usaha SPBU (POM) Mini di desa .Karena semua kendaraan bermotor pasti menggunakan BBM apalagi jumlahnya setiap tahun bertambah sangat sangat sangat cepat.

Tapi, yang perlu diketahui berjualan BBM atau bensin tanpa izin melanggar peraturan dan bisa didenda ratusan juta.Jika tertarik dengan usaha yang bisa dilakukan di rumah ini, berikut cara usaha POM Mini di desa. 

1. Siapkan Modal Usaha SPBU (POM) Mini di desa

Terdapat dua mekanisme pembukaan POM Mini di desa. Mekanisme pertama adalah penjualan bahan bakar minyak langsung menjadi mitra  dari Pertamina (Pertashop) dan mekanisme kedua adalah menjual bahan bakar ecer menggunakan mesin POM tapi tidak menjadi mitra Pertamina. 

Jika Anda tertarik dengan mekanisme yang pertama, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar 250 sampai 500 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk isi awal minyak, pengiriman mesin pelatihan operator, instalasi mesin dan lain-lain. Untuk membuka POM Mini yang dinamai dengan Pertashop oleh Pertamina ini, Anda juga harus memiliki lahan seluas tertentu. 

Namun apabila modal yang Anda miliki kurang dari jumlah tersebut, Anda bisa memilih opsi yang kedua. Modal yang dibutuhkan untuk membuka Pertamini versi kedua ini sekitar 20 sampai 30 juta rupiah.

2. Siapkan Tempat Usaha SPBU (POM) Mini di desa

Untuk membuka sebuah Pertashop, lahan yang harus Anda siapkan adalah sekitar 210 sampai 500 meter persegi agar pembeli bisa lalu lalang dengan bebas. Lain halnya jika yang ingin Anda buka adalah Pertamini biasa. Lahan yang perlu Anda siapkan hanyalah kira-kira 4 meter persegi. 

Berikut ini tips untuk memilih lokasi tempat Pertamini:

Terletak di pinggir jalan medium (bukan jalan protokol). 

Jauh dari barang-barang yang mudah terbakar atau mudah menyulut kebakaran. 

Ada tempat yang cukup untuk motor berhenti. 

Memiliki fitur keamanan yang cukup seperti gembok dan lain-lain untuk memastikan tidak ada BBM yang dicuri. 

3. Memilih Mesin POM Usaha SPBU (POM) Mini di desa

Langkah selanjutnya adalah memilih mesin POM yang sesuai dengan budget dan keuntungan yang Anda inginkan. Perlu Anda ketahui bahwasannya masing-masing mesin POM memiliki kapasitas yang berbeda. 

Tentunya kapasitas yang berbeda ini akan menentukan jumlah potensi keuntungan dan periode balik modal yang akan Anda dapatkan. Misalnya, yang Anda beli adalah mesin POM Nozzle 1 dengan kapasitas tangki 210 liter seharga 6 juta rupiah. Katakanlah jika sudah ditambah biaya instalasi dan lain-lain total 10 juta rupiah.

4. Mengurus Perizinan untuk Usaha SPBU (POM) Mini di desa

Apabila Anda memilih untuk mendirikan Pertashop, maka Anda tidak perlu bingung soal perizinan. Sebab, Pertashop adalah mitra resmi Pertamina. Yang perlu Anda siapkan hanyalah dokumen bukti kepemilikan lahan dan dokumen status badan usaha saja. 

Lain halnya jika Anda membuka Pertamini rumahan. Anda harus mengurus surat keterangan usaha dari desa, RT/RW, mengurus surat izin dari POM terdekat dan lain-lain. 

Aspek perizinan ini penting agar bisnis Anda bisa diurus oleh pemerintah setempat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Aspek ini juga penting kalau Anda membuka bisnis Pertamini menggunakan pinjaman dari bank atau ingin meminjam uang lagi. 

5. Pasang Mesin POM dan Siap Jalankan Bisnis Usaha SPBU (POM) Mini di desa

Langkah selanjutnya setelah membeli mesin, mengurus perizinan dan lain-lain adalah tinggal memasang mesin POM tersebut dan menjalankan bisnis Pertamini Anda. Untuk menjalankan bisnis ini, pastikan harga BBM yang Anda tawarkan cukup kompetitif baik dengan POM besar maupun pengecer lainnya.

6. Pastikan Keamanan Bisnis Usaha SPBU (POM) Mini di desa

Sekali lagi ingat, bahwasanya Anda harus memasang mesin POM jauh dari barang-barang yang bisa membuat terbakar. Karena walaupun berada di dalam mesin, bensin tetap mudah terpicu api sehingga rawan ledakan dan kebakaran. 

7. Kembangkan Bisnis Anda Usaha SPBU (POM) Mini di desa

Untuk Pertashop, Anda bisa mengembangkan bisnis ini dengan menyediakan jasa pengisian gas untuk kendaraan dan jual beli LPG resmi dari Pertamina sedangkan untuk POM Mini biasa, Anda bisa menggabungkan bisnis ini dengan usaha Anda lainnya. 

Demikian Cara Usaha SPBU (POM) Mini di desa, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan kawan-kawan juga bisa membaca Ide peluang usaha di desa yang menguntungkan, sampai jumpa di artikel selanjutnya .

Post a Comment for "Cara Usaha SPBU (POM) Mini di desa"