Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips usaha fotocopy dan prin untuk pemula

awandroid.com - Fotocopy merupakan usaha yang sudah cukup lama berkembang. Meski sudah ada teknologi dokumen online, nyatanya masih banyak orang yang membutuhkan dokumen fisik dan mencari jasa fotocopy untuk menggandalkan dokumen.

Di tengah-tengah meningkatnya kemajuan teknologi yang membuat berbagai hal menjadi digital, usaha fotocopy masih termasuk dalam ide usaha yang menguntungkan.

usaha Fotocopy dapat berjalan dengan lancar apabila sang pengusaha mampu melirik celah yang tepat dalam memulai usahanya tersebut.

Namun Anda juga harus memperhitungkan segmen pasar sebelum memulai usaha yang satu ini. Sebab usaha Mencetak dan menggandakan dokumen bukanlah kebutuhan pokok. 

Jadi, Anda harus benar-benar memahami tips memulai usaha fotocopy untuk pemula supaya tak mengalami kegagalan dalam berbisnis.

anda yang memang tertarik mencoba usaha fotocopy perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mulai, Simak tips udaha fotocopy dan prin untuk pemula:

Siapkan Rencana dan Modal Usaha

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai usaha fotocopy, yaitu menyusun rencana bisnis dan menyiapkan modal bisnisnya.

Usaha fotokopi membutuhkan persiapan yang matang. Mulai dari penentuan tempat usaha, hingga pemilihan mesin, dan alat penjiplak tersebut.

Jika rumah tempat tinggal kamu tidak termasuk lokasi strategis untuk memulai usaha fotokopi, kamu perlu menyewa kios atau ruko.

Tentu saja, hal tersebut memerlukan modal usaha yang tak sedikit. Belum lagi, membeli mesin penyalin untuk menunjang operasional bisnis.

Jadi, pastikan kamu sudah menyiapkan rencana bisnis sekaligus modal usaha yang tepat.

Tempat yang Tepat untuk usaha Fotocopy dan prin untuk pemula

Hal utama yang perlu dipersiapkan dalam mengawali usaha Fotocopy tentunya adalah tempat. Karena merupakan hal mutlak untuk memastikan jangka panjang pengembangan usaha menggiurkan yang satu ini. Dengan menentukan lokasi yang cocok dalam memulai usaha Fotocopy, maka akan lebih mempermudah dalam mengembangkan usaha untuk berikutnya.

Anda sebaiknya mengawali usaha dengan memilikih lokasi di sekitar sekolah, kampus, perkantoran atau instansi pemerintah, maupun tempat-tempat lain yang dapat menunjang berkembangnya usaha Fotocopy. Karena dengan tempat-tempat seperti contoh tersebut sangat memiliki peluang besar dalam berkembangnya usaha Fotocopy.

Sediakan Mesin dan Alat yang Dibutuhkan untuk usaha Fotocopy dan prin untuk pemula

membeli mesin dan alat lain yang dibutuhkan untuk bisnis penyalinan arsip juga perlu kamu pertimbangkan.

Jika memungkinkan, sebaiknya kamu membeli mesin dan alat penjiplak tanpa cicilan sehingga proses operasional usaha bisa lebih fokus.

Bila menggunakan sistem kredit dalam membeli mesin fotokopi, kamu bisa saja dipusingkan dengan tagihan dan bunga untuk membayar alar tersebut.

Alhasil, laba yang kamu peroleh dari bisnis ini pun bisa saja berkurang banyak karena beban cicilan mesin tersebut.

Pastikan Kualitas Fotocopy dan prin bagus

Karena akan sangat membantu anda dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Semakin bagus kualitas Fotocopy yang anda berikan, maka akan semakin tinggi kepercayaan dari konsumen.

Terlebih lagi, jika konsumen puas dengan pelayanan dan hasil Fotocopy milik anda, maka semakin baik bukan prospek usaha anda. Selain itu alangkah lebih baik apabila anda menambah kualitasnya dengan mesin-mesin Fotocopy yang memadai serta lebih canggih. Bila memungkinkan, anda juga memerlukan tambahan computer untuk semakin mendukung kinerja usaha Fotocopy anda.

Menentukan Harga untuk usaha Fotocopy dan prin bagi pemula

Persaingan harga dalam usaha fotocopy terbilang ketat. Banyak pemilik usaha berlomba-lomba menetapkan harga rendah dengan pelayanan yang bersaing pula. Maka dari itu, bijaklah dalam menentukan harga untuk bisnis fotocopy anda. Harga murah memang penting, tapi tidak perlu menjadi yang paling murah sehingga harus mengorbankan kualitas pelayanan. Sesuaikan juga margin keuntungan harga hvs warna, kertas ukuran lain, serta biaya operasional agar Anda tidak tekor. 

Menjual alat tulis kantor dan print murah

Usaha fotocopy tak lengkap kalau tanpa menjual alat tulis kantor. Misalnya bolpoin, pensil, buku blocknote, dsb. Seain menambah keuntungan, sobat juga bisa menambah keramaian fotocopy anda.

jasa print yang paling laris ya yang ada di fotocopy itu. Harga normalnya Rp500 per lembar. Kebayang kan murahnya. Usut punya usut ternyata dia menggunakan mesin fotocopy sebagai printernya, jadi murah banget.

Selain murah, hasil fotokopian juga tidak luntur jika kena air atau disimpan dalam waktu yang lama, itulah alasannya kenapa kami suka  menceta difotokopian daripada di tempat print biasa.

Berikan Pelayanan yang Memuaskan untuk usaha Fotocopy dan prin untuk pemula

Menjalani usaha di bidang jasa, seperti fotocopy, harus memerhatikan pelayanan yang diberikan pada pelanggan.

Pastikan kamu melayani mereka dengan baik sehingga merasa puas dan kembali lagi menggunakan jasa kamu.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu bersikap sopan dan ramah kepada setiap pelanggan yang datang. Buatlah mereka senyaman mungkin ketika berkunjung ke toko kamu.

Pelanggan yang merasa nyaman dan puas dalam berbelanja, pasti tak akan ragu untuk melakukan pembelian berulang.

Tipe pelanggan inilah yang perlu kamu jaga karena mereka berpeluang besar untuk menjadi pelanggan setia.

Jalin Relasi usaha Fotocopy dan prin untuk pemula

Perbanyaklah jaringan. Berikan kualitas yang bagus untuk mereka. Apabila anda dikenal banyak orang maka fotokopian andalah yang direkomendasikan ke kenalan mereka.

Anda juga bisa mendapat proyek-proyek fotokopian yang besar baik dari instansi pemerintah maupun dari perusahaan swasta.

Promosikan usaha Fotocopy dan prin 

Promosi merupakan hal penting yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan. Ini berlaku pada jenis bisnis apapun, tak terkecuali usaha fotocopy.

Untuk meramaikan pelanggan di toko, kamu bisa mempromosikan usaha dari mulut ke mulut. Misalnya, dengan membagikan info ke masyarakat di lingkungan sekitar bahwa kamu menyediakan usaha fotocopy.

Bisa juga dengan meningkatkan visibilitas usaha melalui media sosial. Atau memanfaatkan Google Business untuk membuat profil usaha duplikasi arsip kamu sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan WhatsApp Business untuk terhubung dengan pelanggan. Kamu bisa menggunakan layanan Chat Commerce dari SIRCLO Store yang memudahkan penjualan melalui WhatsApp.

Selain itu, kamu bisa langsung memproses pesanan, merekomendasikan produk dari katalog, tersedia fitur chatbot, notifikasi pengiriman, hingga Multiple Admin.

Dan kawan-kawan juga bisa baca tentang Ide peluang usaha di desa yang menguntungkan

Itu dia hal-hal penting yang perlu diperhatikan dan Tips usaha Fotocopy dan prin untuk pemula. Semoga bisa membantu kawan-kawan yang sedang menyiapkan usaha ini. sampai jumpa di artikel awan selanjutnya.

salam dari awan berbagi itu indah

Post a Comment for "Tips usaha fotocopy dan prin untuk pemula"