Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips USAHA BIBIT TANAMAN dari Awal Sampai Sukses

awandroid.com - Melalui bisnis bibit tanaman, secara tidak langsung Anda ikut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan. Tidak perlu khawatir tentang modal yang harus dipersiapkan, karena untuk membangun bisnis bibit tanaman tidaklah banyak membutuhkan biaya. Selain itu biaya perawatannya pun tidak besar.

Apakah Anda tertarik untuk membuka usaha bisnis tanaman ini? Jika Anda tertarik dan ingin mencobanya, berikut cara dan tips sebelum memulai bisnis bibit tanaman.

berikut cara dan tips sebelum memulai bisnis bibit tanaman.

1. Pelajari Cara Budidaya Bibit

Langkah awal sebelum Anda memulai bisnis bibit tanaman adalah sebaiknya Anda pelajari dulu tentang segala aspek yang berkaitan dengan bisnis ini, seperti bagaimana cara pengelolaannya, tantangan yang harus dihadapi, serta berapa modal awal.

Anda tentu harus matang dalam mempersiapkan segala hal, terutama modal untuk membeli peralatan awal. Kemudian pelajari juga tentang perawatannya, baik tentang bahan yang dibutuhkan maupun tata cara yang harus dilakukan. Itu semua harus Anda perdalam sebelum memulai bisnis bibit tanaman.

2. Survei Kondisi Grafis Lingkungan

Kondisi grafis dari sebuah lokasi untuk bisnis ini tentu sangat berpengaruh terhadap perkembangan bibit. Dan hal ini berkaitan erat dengan jenis tanaman yang Anda bibitkan. Misalnya Anda membudidayakan bibit stroberi, tentu tanaman ini tidak cocok untuk dibududayakan di lokasi pesisir pantai.

3. Pelajari Kondisi Lokal

Ketika Anda sudah banyak menggali informasi mengenai bisnis bibit tanaman, saatnya Anda mempelajari kondisi lokal sekitar Anda. Pelajari bagaimana perkembangan cuaca di lokasi tersebut. Serta survei tentang penyakit-penyakit tanaman yang biasanya timbul pada tanaman sekitar lingkungan Anda.

Dengan memahami kondisi lingkungan, Anda akan siap menghadapi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi terhadap bibit-bibit Anda nantinya. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkan segala cara serta dapat dengan cepat mengatasi semua permasalahan yang ada.

4. Observasi Pangsa Pasar yang Potensial

Selain mempelajari tentang pembibitan dan segala macam yang berkaitan dengannya, Anda juga harus melakukan observasi terhadap pasar yang sekiranya memiliki potensial yang besar untuk bisnis Anda itu.

Anda juga harus bisa memprediksi jenis dan jumlah kebutuhan pasar yang harus Anda produksi dalam jangka waktu tertentu

Sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kuantitas dari sebuah produksi. Jika keuntungannya besar, pastinya Anda akan memproduksi bibit dalam skala yang besar.

5. Memilih Jenis Tanaman yang Cocok Dengan memilih jenis tanaman yang cocok maka dapat memperluas peluang. Pilih jenis tanaman yang cocok berdasarkan kondisi lingkungan dan tren pasar. Sehingga bisnis ini dapat bertahan dan jadi pilihan konsumen. Pertimbangkan secara jelas berdasarkan riset yang Anda lakukan.

6. Tentukan Lokasi yang Tepat

Setelah Anda menemukan ide bibit yang cocok untuk Anda tekuni, kemudian Anda tentukan lokasi yang tepat untuk dijadikan tempat budidaya bibit tanaman tersebut.

Dalam memilih lokasi untuk pembibitan, pilihlah lokasi yang sesuai dengan target pasar Anda. Dan juga pilih lokasi yang berada pada zonasi yang tepat.

Intinya, lokasi yang Anda pilih sangat memungkinkan untuk dibangun usaha bibit tanaman milik Anda. Selain itu, pertimbangkan pula tentang aksesnya. Usahakan pilih akses yang bagus untuk menuju lokasi tersebut, karena ini tentunya berkaitan dengan konsumen nantinya.

7. Pelajari Karakteristik Bibit

Selain memahami kondisi lingkungan, Anda juga harus memahami karakteristik dari bibit yang akan Anda budidayakan.

Anda harus mengetahui tentang keseluruhan jenis tanaman tersebut, seperti cara perawatannya, cara mengatasi dan mencegah penyakit dan hama yang mungkin menyerang dan aspek lainnya.

8, Waspada Terhadap Hama dan Penyakit

Salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis bibit tanaman ialah rawannya terkena hama dan penyakit tanaman lainnya. Untuk itu, waspadalah terhadap wabah penyakit dan hama. Kenali jenis hama yang biasanya menyerang di sekitar daerah Anda, dan pahami pula bagaimana cara mengatasinya.

9. Kuasai Tentang Pemasaran Bibit

Anda harus pandai dalam menentukan strategi pemasarannya. Anda dapat menggunakan lahan terbuka dari pekarangan Anda untuk membuat tempat berjualan secara luring. Ini dapat memudahkan para konsumen dalam mengakses bibit-bibit yang Anda jual.

Selain berjualan secara offline, Anda juga harus memasarkannya secara online. Anda perlu memasarkan bisnis secara online dengan memasarkan melalui media sosial, website atau blog, maupun media yang lainnya.

Itulah cara untuk memulai bisnis bibit tanaman yang dapat kamu ikuti agar bisnis kamu berjalan mulus di kemudian hari. Jangan lupa untuk menginvestasikan keuntungan kamu ya agar keuntungan kamu dapat menjadi berkali-kali lipat. 

kawan-kawan juga bisa membaca tentang Ide peluang usaha di desa yang menguntungkan, sapai jumpa di artikel selanjutnya.

Post a Comment for "Tips USAHA BIBIT TANAMAN dari Awal Sampai Sukses"