Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips peluang usaha ternak ayam kampung

awandroid.com - ayam kampung mungkin memang tidak sepopuler ayam broiler. meskipun konsumsi daging ayam di pasaran masih didominasi oleh ayam broiler, ayam kampung juga memiliki segmen pasar tersendiri yang semakin meningkat. Tentu saja ini menjadi suatu peluang usaha yang bagus. 

Beternak ayam kampung memiliki banyak sisi positif tersendiri yang membedakannya dari ayam broiler. walaupun penggemar ayam kampung tidak sebanyak ayam negeri, bukan berarti usaha ayam kampung tidak membuahkan hasil. Bagi pengusaha ayam kampung tentunya juga memiliki kelebihan dan keuntungan yang berlimpah bagi pengusahanya.Ayok kita simak bagimana sih Tips Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Kunci sukses menjalankan peluang usaha ternak ayam kampung adalah dengan kita memahami seluk beluk tentang ayam kampung. Seluk belum peluang usaha ternak ayam kampung ini, mulai dari proses produksi sampai pada pemasaran.

Dalam proses produksi ternak ayam kampung ada berbagai poin yang perlu diperhatikan sejak awal, seperti pengadaan dan pemilihan bibit atau anak ayam, sistem kandang dan perawatan ayam kampung. Juga tentang pemilihan pakan yang paling cocok.

Selain itu, kita juga perlu mempersiapkan sejak awal mengenai pasar yang akan kita tuju. Aspek pemasaran di dalam sebuah usaha selalu memegang peranan yang sangat penting. Maka ketika kita akan menjalankan peluang usaha ayam kampung ini, kita harus melihat secara detail dan mendalam bagaimana kondisi dan peluang pasarnya.

Untuk menjawab dari setiap poin penting di atas, mari kita urai satu persatu apa saja yang menjadi kunci sukses cara beternak ayam kampung. Pembahasan ini disarikan dari berbagai informasi langsung peternak atau pelaku usaha dan juga berbagai sumber iterasi pembahasannya sebagai berikut:

Pengadaan Bibit/Anak Ayam

Bagi kita yang ingin ternak ayam kampung secara efektif, pemilihan bibit atau anak ayam ini menjadi penting. Seperti kita telah sebutkan sebelumnya, masih banyak yang menggunakan metode indukan. Padahal saat ini tersedia DOC atau Day Old Chicken, anak ayam yang baru menetas.

Dengan kita menggunakan Anak Ayam Kampung DOC kita tentu dapat membeli dengan jumlah yang lebih banyak. Kemudian dapat memilih anakan. Selain itu tidak memerlukan masa tunggu atau menetaskan sendiri.

Ketika memilih anak ayam DOC maka fokus usaha ayam kampung yang dijalankan adalah pedaging. Peluang usaha ayam kampung pedaging atau pembesaran ini sangat besar peluangnya, terutama di daerah Jawa yang mana ayam kampung adalah primadona.

Di luar pilihan untuk membeli anak ayam DOC atau memilih untuk menetaskan telur sendiri, yang perlu kita jadikan pertimbangan adalah pemilihan jenis bibit anaknya ayamnya. Karena saat ini, jenis ayam sudah sangat beragam.

Kita saat ini mengenal anak ayam Jawa Super atau orang lebih mengenal dengan sebutan JOPER, kemudian kita juga punya jenis ayam kampung biasa.

Saat ini jenis ayam Jawa Super dinilai lebih berkualitas karena memiliki pertumbuhan yang baik dan lebih cepat besar. Sehingga banyak yang kemudian menjadikan JOPER sebagai pilihan jenis ayam kampung untuk pedaging.

Namun jangan salah, ayam kampung biasa juga memiliki pasar yang bagus. Karena telah dikenal masyarakat dan dibutuhkan untuk berbagai kegiatan atau acara, seperti untuk selamatan, acara keagamaan, dan berbagai acara adat lainnya.

Perawatan dan Pembesaran Ayam Kampung

Di dalam menjalankan peluang usaha ternak ayam kampung perawatan dan pembesaran menjadi kunci sukses tentu saja. Oleh sebab itu kita harus membekali diri dengan pengetahuan yang cukup, tentang bagaimana cara merawat dan membesarkan ayam kampung.

Pertama kita perlu paham pakan ternak untuk ayam kampung yang  berkualitas, kemudian memahami obat-obat bagi ayam, baik yang alami dan juga kimia.

Sebagai pelaku usaha, tentu di dalam menangkap peluang usaha ternak ayam kampung ini kita perlu memikirkan mengenai pakan ayam kampung. Karena pemilihan pakan ini menjadi biaya yang sangat besar. Penting bagi kita memiliki kemampuan membuat pakan, berupa pakan ayam kampung alternatif

Pemberian pakan juga harus diperhitungkan, per setiap ekor kira-kira menghabiskan berapa kilo sampai siap jual. Kemudian jika sampai masa panen ternyata belum laku, bagaimana dengan pengeluaran pakan yang masih harus dilakukan.

Perihal perawatan dan pembesaran ayam kampung ini, kita perlu banyak bertanya dan belajar langsung dari pelaku usaha di lapangan. tujuannya agar kita memahami dengan baik, berapa kebutuhan operasional pakan ayam kampung.

Menentukan Media Promosi

Seperti jenis bisnis lainnya, periklanan penting untuk menjaga bisnis berjalan dengan lancar. Di era digital ini, pemilik bisnis dapat menggunakan media sosial untuk menjual produknya dan membagikan testimoni dari pembeli sebelumnya.

Kesimpulan Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Demikian pembahasan mengenai peluang usaha ternak ayam kampung pada dasarnya kita harus berani memulai. Akan tetapi tentu perlu kita pikirkan bagaimana model usahanya, proses produksi, dan sampai pada pemasaran. Karena lagi-lagi kita bicara peluang usaha, tentu bicara permintaan pasar, atau kondisi pasar yang ada.

Peluang usaha ternak ayam kampung ini dapat dijalankan oleh individu, atau kelompok. Jika kita berbicara di desa peluang usaha ternak ayam ini misalnya bisa menjadi unit usaha BUMDes. Jadi BUMDes unit usaha ternak ayam kampung. Apakah mungkin? sangat mungkin.

Ketika BUMDes akan mengambil unit usaha ternak ayam kampung, tinggal bagaimana membuat rencana usaha sampai pada pemasarannya. Jika melihat sumber daya manusianya tentu sudah banyak yang pandai dan memiliki pengalaman dalam ternak ayam kampung. Tinggal bagaimana mengelola dalam sebuah unit BUMDes usaha ternak ayam kampung.

Dan kawan-kawan juga bisa membaca tentang ide peluang usaha didesa yang menguntungkan

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat memberikan sedikit banyak gambaran mengenai peluang usaha ternak ayam kampung. Selamat mencoba mengambil peluang usaha ternak ayam kampung. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Tips peluang usaha ternak ayam kampung"